Sebuah bisnis pasti memiliki dinamikanya sendiri. Apapun bidangnya, pergerakan bisnis selalu unik dan menarik untuk dipelajari. Tak cuma dipengaruhi oleh keinginan pengusaha, bisnis juga bergerak sesuai dengan keinginan pasar
Hal itu berlaku pada semua perusahaan, tak cuma yang bergerak di bidang teknologi. Misalnya, pada industri keuangan. Tentu, kamu akan bad mood jika di zaman sekarang harus mengantri di bank. Teknologi memegang peran penting dalam percepatan pengembangan sebuah bisnis.
Dalam kasus bank ini, teknologi juga terikat kuat dengan layanan pengguna, serta keinginan bank untuk memberikan yang terbaik. Oleh karena itu, kamu perlu tahu kapan saat tepat untuk mulai meningkatkan penggunaan teknologi dalam bisnis. Inilah 3 di antaranya;
Tahukah kamu? Instagram juga menggunakan teknologi Augmented Reality lho! Baca artikel ini untuk info lebih lanjut: Augmented Reality dalam Instagram
Memperkuat Branding
Saat memasuki tahap ini, artinya kamu sudah tidak lagi ragu produk apa yang akan dijual. Atau layanan apa yang kan diberikan. Bisnis sudah berjalan, produk sudah terjual, namun branding belum sempat dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Tenang, ini wajar bagi pebisnis pemula. Biasanya pebisnis pemula lebih fokus pada masalah operasional seperti bahan baku, harga jual, hingga gaji karyawan.
Produk kamu mungkin saja punya merek atau brand, tapi langkah branding tidak berhenti sampai situ, bukan? Ada tahap brand positioning, membangun brand image, hingga memperkenalkan kembali nilai-nilai brand pada pelanggan kamu.
Bila perlu, kamu juga perlu membuat logo baru yang lebih segar dan atraktif. Penggunaan teknologi terbaru juga sangat berpengaruh di tahap ini. Misalnya, kamu menggunakan alat promosi QR code jika pelanggan ingin tahu lebih lanjut.
Teknologi digital ini akan sangat membantu pelanggan mengenali produk kamu. Selain itu, akan tercipta brand image bahwa bisnis kamu kredibel dan up to date pada teknologi terbaru. Sentimen positif ini akan melekat di benak masyarakat yang akhirnya dikonversi menjadi pelanggan loyal.
Tingginya Networking
Sudah pasti seorang pengusaha pasti membutuhkan networking dalam bisnis. Networking merupakan aktivitas untuk memperluas koneksi dan relasi bisnis sambil tetap mempertahankan komitmen untuk tujuan bersama.
Dengan networking, dapat meningkatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan pelaku bisnis. Potensi untuk mendapatkan investor juga makin besar dengan networking.
Networking bisa dilakukan dengan berbagai cara, misal dengan saling berkunjung, mengikuti webinar, hingga sekedar memperbaiki platform sosial media, khususnya LinkedIn. Nah, saat bisnis kamu networking-nya makin kompleks, kamu perlu cara yang lebih mutakhir dalam networking. Di sinilah peran teknologi sangat berarti.
Jika biasanya kamu harus mengirim file untuk menjelaskan profil usaha, atau bahkan mengirimkan hard copy, dengan teknologi augmented reality, semua itu hanya semudah bertukar kartu nama. Calon partner bisnis dapat dengan mudah memahami profil bisnis kamu dengan scan kartu nama bisnis.
Selain fungsional, kartu nama bisnis digital bisa membuat kamu makin terlihat kredibel di mata calon partner bisnis. Dengan demikian, kerja sama pun makin mudah dijalin.
Selain untuk kartu nama, teknologi augmented reality juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Penasaran? Klik di sini untuk info lebih lanjut!
Kompetitor Makin Agresif, Saatnya Terapkan Teknologi Terbaru!
Dari sektor paling kecil hingga besar, kompetitor atau pesaing selalu menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis. Oleh karena itu, kamu harus selalu hati-hati dengan langkah mereka. Lengah sedikit saja, bisnis kamu bisa tertinggal. Jika kamu merasa langkah pesaing makin agresif, maka saatnya kamu menggunakan teknologi terkini dalam bisnis kamu. Teknologi akan mendorong percepatan bisnis kamu.
Salah satu teknologi terbaru yang bisa diterapkan adalah augmented reality. Teknologi ini akan memudahkan kamu melakukan promosi produk secara masif. Brand kamu makin mudah dikenal dan selalu bikin orang penasaran.
Apalagi, penerapan teknologi ini masih belum meluas, jadi kamu termasuk pionir, sehingga brand image kamu akan terdorong. Orang akan mengenal bisnis kamu sebagai bisnis yang up to date dan peduli pada kenyamanan pelanggan.
Tentu saja, keberadaan teknologi augmented reality makin memberikan kenyamanan lebih. Jadi gimana? Tertarik untuk terapkan augmented reality?
Lihat juga: 7 Aplikasi Augmented Reality Smartphone Ini Wajib untuk Dicoba
Itulah 3 hal yang dapat menjadi indikator bahwa kamu harus segera menerapkan teknologi baru bagi bisnis. Tentu masih banyak hal yang menjadi indikator, namun dengan 3 indikator ini saja sudah cukup untuk menentukan penerapan teknologi terbaru untuk menjalankan bisnis.
Dengan teknologi terbaru, pandemi bukan lagi halangan untuk melakukan promosi. Sudah banyak yang membuktikan keberhasilan pameran virtual atau virtual expo seperti pada artikel Contoh Event Online di Indonesia dan Luar Negeri.
Tak cuma mengurangi kerugian, produk kamu akan tetap dikenal luas meski tidak ada interaksi langsung dengan pelanggan. Jadi bagaimana? Tertarik menggunakan VR untuk bisnis kamu? Kunjungi smarteye.id untuk mengetahui lebih lanjut!