Populer di Sosmed, Apa Saja Jenis Filter Keren Augmented Reality?

Populer di Sosmed, Apa Saja Jenis Filter Keren Augmented Reality?

Seiring berkembangnya zaman, teknologi Augmented Reality (AR) telah berkembang pesat. Hal ini juga berdampak pada experience augmented reality yang semakin imersif. 

Potensi teknologi ini telah berulang kali menunjukkan keefektifannya dalam menghasilkan dampak pemasaran yang nyata. Terutama dalam kasus penggunaan Social AR yang viral dan populer selama 3 tahun terakhir. 

Social AR adalah teknologi AR yang ditampilkan melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Snapchat. Social AR terdiri dari serangkaian filter kamera yang menarik. Teknologi ini juga bisa dijadikan sebagai wadah transaksi antara pelanggan dengan brand besar.

Selain Social AR, teknologi ini juga dipopulerkan oleh filter keren AR yang menarik dan interaktif. Mulai dari filter wajah AR hingga filter game AR yang menghibur, filter AR menjadi alat pemasaran baru bagi perusahaan.

Pengalaman filter keren AR ini menciptakan peluang baru dan unik bagi bisnis. Dengan adanya filter ini, perusahaan dapat memperluas pemasaran produk mereka ke area yang dulunya berada di luar jangkauan. 

Selain itu, filter keren AR juga membuat konten media sosial lebih menarik dan interaktif. Dengan filter, pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain melalui media baru yang dihasilkan dari filter ini.

Agar dapat memanfaatkan filter keren AR, kamu perlu memahami berbagai jenis filter yang tersedia dan fungsi spesifiknya. Kamu harus mempertimbangkan jenis filter apa yang sesuai dengan selera audiens. Berikut merupakan beberapa jenis dari filter keren AR!

World Effect

filter keren ar
Sumber: The Wall Street Journal

World Effect adalah jenis filter yang banyak digunakan untuk membawa objek 3D atau 2D ke dunia nyata. Penggunaan paling umum dari ini adalah filter uji coba virtual di mana pelanggan dapat berinteraksi dengan produk. Bahkan pelanggan dapat mencoba sensasi produk dengan filter ini dalam beberapa kasus. 

Tidak semua filter ini melibatkan uji coba produk. Beberapa hanya untuk menciptakan pengalaman yang menarik dan baru. Pengalaman tersebut seperti memberikan beberapa aspek penceritaan dari apa yang ingin disampaikan perusahaan pada pelanggannya. 

AR Portals

filter AR Portals
Sumber: arfected

Sesuai namanya, filter AR Portals memiliki fungsi yang mirip dengan cincin di film Doctor Strange. AR Portals memungkinkan penggunanya untuk berpindah ke dunia virtual lain melalui portal yang dibuat melalui layar ponse. 

Industri yang paling diuntungkan dari jenis filter keren AR ini cenderung jatuh ke dalam kategori hiburan, film, travel, dan arsitektur. Namun, sangat mungkin untuk mengadaptasi jenis filter AR ini ke industri lain.

Filter AR Game

filter keren ar dari snapchat
Sumber: Pinterest

Filter game AR adalah jenis filter keren AR yang paling populer di kalangan gamers dan anak muda. Filter ini menyenangkan yang sangat menarik dan ketika dipasangkan dengan kompetisi online.

Cara kerja filter ini adalah dengan menggunakan gestur wajah, gerakan kepala, atau sentuhan sebagai kontrol untuk mini-game tersebut. Jenis filter ini dapat dengan mudah diterapkan di berbagai industri. Filter keren AR ini sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran merek dan keterlibatan pengguna.

Target Tracker

Filter Target Tracker mirip dengan World Effect tetapi memungkinkan kamu membuka pengalaman AR yang dilacak ke gambar tertentu. Pelacak gambar ini bisa berupa kode QR atau kemasan produk, dan logo perusahaan. 

Filter ini sangat berguna untuk promosi acara terutama jika kamu ingin audiens lebih terlibat dengan media cetak. Baik itu iklan tradisional, stan pameran dagang, kartu nama atau bahkan pengemasan produk. Jenis filter ini menghidupkan media tradisional dengan cara yang tidak biasa dialami oleh konsumen pada umumnya.

Face Filter

filter keren ar dari face filter
Sumber: Banuba

Face Filter merupakan jenis filter AR yang paling dasar dari semuanya. Filter ini juga yang paling umum digunakan di Instagram, TikTok, dan Snapchat. Face Filter pada dasarnya melacak objek 2D atau 3D ke atau di sekitar kepala pengguna. 

Filter tersebut sering digunakan untuk acara atau untuk uji coba virtual dari berbagai produk berbasis kepala. Filter ini juga dapat digunakan untuk berbagai pengalaman kecantikan AR.

Itulah beberapa jenis filter AR yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten atau menjual produk kamu. Tentunya tidak menutup kemungkinan akan ada jenis filter baru nantinya, terutama dengan perkembangan AR yang semakin pesat.


Apakah kamu tertarik dengan informasi seputar AR di atas? Jika kamu tertarik, kunjungi smarteye.id untuk mengetahui berita terkini mengenai augmented reality!

Billy Nurfaudzi

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!