Bagaimana Tren Metaverse akan Berkembang di Tahun 2023

Bagaimana Tren Metaverse akan Berkembang di Tahun 2023

Selama tahun 2022, tren metaverse semakin populer di kalangan perusahaan dan masyarakat.  Tren ini diawali ketika perusahaan media sosial Facebook mengubah namanya menjadi Meta pada tahun 2021. Meta mengumumkan akan terjun ke metaverse, yang membuat perusahaan lainnya berlomba melakukan hal yang sama.

Metaverse didefinisikan sebagai platform imersif yang memberikan pengalaman digital sebagai alternatif atau replika dari dunia nyata. Metaverse sendiri didirikan dengan bantuan teknologi blockchain beserta virtual reality.

tren metaverse
Sumber: Chatham House

Bagaimanakah tren metaverse nantinya di tahun 2023? Apakah industri metaverse akan semakin populer? Atau akan mengalami pemunduran karena resesi? Berikut merupakan prediksi perkembangan industri metaverse di tahun 2023 menurut para pemimpin industri!

Pentingnya Peran Perangkat Metaverse Bersubsidi agar dapat  Diadopsi Massal

CEO perusahaan multinasional Amdocs, Roy Barak menyinggung perangkat metaverse yang harus disubsidi. Hal tersebut agar Metaverse dapat digunakan oleh seluruh kalangan tidak terkecuali masyarakat menengah ke bawah. 

Pada tahun 2023, Roy yakin produsen perangkat Metaverse seperti Meta dan Sony harus mulai melihat ke arah industri mobile. Dia mengatakan bahwa produsen harus dapat memberikan solusi perangkat alternatif yang lebih murah, melihat harga perangkat metaverse yang sekarang ada di pasaran masih cukup mahal.

Produsen dapat menyediakan metaverse yang bisa diakses melalui PC, smartphone, atau provider TV kabel menggunakan internet. Dengan adanya hal tersebut,konsumen menegah ke bawah tetap dapat mengakses metaverse, sehingga teknologi ini dapat diadopsi secara massal.

Menyampaikan Contoh Penggunaan Metaverse yang Nyata

Ric Garner selaku Managing Director NTT Data mengatakan bahwa tahun 2021 dikenal sebagai tahun di mana banyak perusahaan baru masuk ke dalam metaverse. Tren metaverse juga baru mulai terkenal pada tahun tersebut.

Banyaknya perusahaan yang masuk ke dalam metaverse pada tahun 2021 silam menjadi perkenalan awal masyarakat kepada metaverse. Di tahun 2022, tren berubah dan membuat perusahaan mulai memperkenalkan prototipe atau konsep dunia virtual yang akan mereka bawa.

Pada tahun 2023, perusahaan dapat memberikan contoh dan langkah penggunaan metaverse yang lebih spesifik dan juga nyata. Produk metaverse akan lebih terhubung dengan orang-orang untuk menghasilkan lebih banyak peluang bisnis baru.

Metaverse Memiliki Potensi Besar dalam Pelatihan dan Kesehatan Mental

tren metaverse
Sumber: California Business Journal

Metaverse muncul sebagai opsi alternatif dalam lingkungan kerja hybrid. Dengan adanya metaverse, perusahaan dapat berkolaborasi lebih baik pada lingkungan virtual sesuai kebutuhan. 

Hal ini dapat dilihat dari penerapan virtual training yang telah diimplementasikan di beberapa perusahaan. Tidak hanya itu, virtual reality juga telah terbukti dapat membantu kesehatan mental. Dengan potensi yang sangat besar dalam pelatihan, desain, dan bahkan kesehatan mental, perusahaan banyak berinvestasi dalam metaverse. 

Industri Teknologi harus Mendefinisikan Batasan-batasan Metaverse

Jumlah uang yang diinvestasikan semenjak 2021 menunjukan bahwa tren metaverse tidak akan hilang dalam dekat. Tren ini bahkan memiliki daya jual beli yang aneh. Contohnya seperti brand sepatu ternama Nike menjual sepatu kets NFT seharga lebih dari US$130.000. 

Berbagai perusahaan memiliki tujuan yang beragam saat memasuki metaverse. Perusahaan elektronik, Sony ingin memajukan industri hiburan digital. Perusahaa ritel Walmart memasuki metaverse untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang imersif. 

Tren metaverse yang dibawa perusahaan ini menyoroti potensi dan keuntungan yang dimiliki dunia maya. Namun, agar metaverse dapat berkembang, para pemain di industri tersebut harus berkomunikasi dan mendefinisikan mengenai batasan metaverse. 

Tren dunia virtual ini hanya akan menjadi proyek dengan jumlah investasi berlebih jika perusahaan belum menentukan batasan metaverse. Terutama dengan volume investasi yang terus bertambah tanpa perusahaan menentukan batasan dari platform metaverse tersebut.


Menurut kamu, kira kira tren metaverse apakah yang akan mendominasi tahun 2023 nantinya? Tentu hal tersebut sulit untuk diprediksi terutama dengan adanya berbagai faktor lain dari lingkungan luar seperti faktor politik, ekonomi, dst.

Apakah kamu tertarik dengan informasi di atas? Mari kunjungi smarteye.id untuk mengetahui berita terbaru seputar metaverse, VR, dan AR!

Billy Nurfaudzi

Billy Nurfaudzi

A startup enthusiast who writes out of curiosity. My deepest appreciation and thanks for those of you who read this article. May you have a good day!