Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) telah menjadi teknologi yang mampu mempererat ikatan emosional pengguna di dunia virtual. Oleh karena itu, VR dan AR banyak digunakan dalam berbagai bidang.
Salah satu bidang yang mulai mengeksplor peluang VR AR dengan giat adalah bidang bisnis. Akselerasi dunia digital memungkinkan penggunaan VR dan augmented reality secara luas.
Kalau kamu pelaku bisnis, teknologi virtual reality dan augmented reality dapat membantu menghadirkan pengalaman baru bagi konsumen agar bisa lebih terhubung dengan bisnismu. Bagaimana caranya? Ayo cari tahu lebih lanjut cara memaksimalkan peluang AR VR untuk bisnismu!
Pengalaman augmented reality yang mudah diraih
Kemudahan pemakaian teknologi augmented reality yang hanya melalui kamera smartphone membuat banyak orang menggunakan teknologi ini. Menurut survei NielsenIQ, 61% pembeli lebih suka berbelanja di toko retail yang menawarkan pengalaman augmented reality.
Hasil ini tidak mengherankan, karena kepraktisan teknologi ini meningkatkan user experience. Kemudian 56% mengatakan bahwa AR membuat mereka lebih cepat yakin dan percaya akan kualitas suatu produk.
Angka tersebut menunjukkan besarnya peluang VR AR untuk bisnis, apalagi bisnis berbasis online. Setali tiga uang, para pelaku bisnis pun berbondong-bondong memanfaatkan AR ke dalam sosial media untuk mempererat hubungan antara konsumennya dan brand.
Pemasaran menjadi channel yang pas untuk memaksimalkan peluang VR AR, promosi yang fleksibel serta jangkauan yang luas di era digital ini membuat masing-masing perusahaan mampu meraih konsumen lebih cepat.
Hal ini bukan tanpa hasil, penerapan AR ternyata berpengaruh besar terhadap performa bisnis di bidang pemasaran, penjualan dan operasional. Maka dari itu, ada beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dari canggihnya teknologi AR seperti:
Informasi melalui augmented reality dapat lebih detail
Inilah faktor yang sudah jadi rahasia umum sekaligus kelebihan AR VR: informasi mendetail. Suatu aplikasi yang menerapkan teknologi AR dapat memberikan informasi lebih banyak dan terperinci.
Luasnya media yang dapat digunakan pun menjadi daya tarik teknologi masa depan ini. Informasi yang disampaikan dapat divisualisasikan dalam bentuk teks, gambar, video, serta animasi 2D maupun 3D.
Kemudahan, serta wadah bagi para kreator untuk menuangkan kreatifitas menghasilkan user experience yang baik. Para pengguna akan lebih mudah dan cepat dalam menerima dan memahami informasi yang disampaikan.
Sebagai media promosi bagi ragam industri
Media promosi adalah salah satu wadah dimana kamu bisa menerapkan peluang VR dan AR yang masih belum sering dieksplor di industri bisnis. Banyak yang belum menyadari teknologi VR AR adalah inovasi yang menguntungkan
Promosi pun dapat diaplikasikan di berbagai industri bisnis berkat fleksibelnya teknologi VR AR. Contohnya iklan yang berfokus pada desain interaktif.
Paduan desain interaktif dan call to action untuk melakukan scan di dunia nyata, misalnya, membuat orang penasaran untuk ikut mencoba atau menggunakannya juga.
Meningkatkan penjualan di dunia nyata
Ketika kamu mendapat banyak perhatian dari calon pembeli, artinya semakin banyak yang mengetahui produk dari bisnismu. Pengaplikasian augmented reality dapat memacu potential buying dan meningkatkan profit. Hal ini berlaku untuk toko online maupun offline.
Mengubah brand image
Tahu nggak, teknologi VR dan AR dapat mengubah presepsi sebuah brand? Caranya simpel saja, semudah melakukan simulasi pada promosi bisa meningkatkan user experience.
Keunikan visualisasi dengan opsi interaktif tanpa batas mampu mengubah realitas penggunanya. Misalnya, konsumen mencoba sampel produk secara virtual tanpa sentuhan fisik sedikit pun.
Hal ini bisa didapatkan dari perangkat tertentu. Banyak perusahaan sudah menciptakan aksesoris VR yang praktis digunakan.
Macam-macam aksesoris AR VR
Contoh perangkat yang memberikan pengalaman AR individu seru adalah kacamata RayBan Stories. Smart glasses ini bisa mengambil gambar, merekam video, mendengarkan musik bahkan bisa mengangkat panggilan telepon. Kamu bisa pakai kacamata ini saat pergi ke konser untuk mengabadikan momen tanpa harus mengeluarkan ponsel.
Kemudian, salah satu brand fashion terkenal di dunia yaitu Gucci juga membuat aplikasi AR. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendekorasi ruang serta mencoba kacamata, sepatu kets, masker, lipstik, dan topi. Kamu dapat menonton peragaan busana Gucci, memainkan game Gucci Arcade, mempersonalisasi produk sendiri, dan menemukan tas dalam bentuk 3D.
Peluang penggunaan teknologi VR
Kamu pasti sudah akrab dengan teknologi virtual reality, kan? Di era new normal ini, banyak perusahaan yang bereksplorasi pada strategi bisnisnya untuk memberikan pengalaman yang lebih di dunia nyata. Bahkan sekarang virtual reality telah menjadi arus utama untuk pelatihan perusahaan.
Oleh karena itu, peluang VR AR ini dimanfaatkan oleh berbagai industri untuk proses pembelajaran, pengembangan skill, dan kolaborasi. Teknologi VR mampu memfasilitasi konektivitas virtual yang lebih bermakna.
Apa keuntungan mengadakan ruang kolaborasi? Dengan menghadirkan ruang kolaborasi, pengguna dari seluruh dunia dapat dihubungkan dengan mudah dalam satu ruang yang sama.
Implementasi teknologi virtual dalam bisnis dapat berupa fitur kode QR maupun link yang akan mengarahkan pengguna ke konten secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa melakukan branding melalui kampanye berbayar dengan bantuan efek dari AR.
Penggunaan teknologi dari brand ternama dunia
Banyak sekali brand ternama kelas dunia yang memanfaatkan teknologi ini sebagai media promosi, lho. Namanya sudah tidak asing di telinga para penggemar teknologi. Sebagai contoh, aplikasi Facebook sedang melalui proses pengembangan untuk menawarkan pembuatan iklan digital dengan AR.
Disney telah memanfaatkan teknologi VR dan AR sekaligus dalam Disneyland. Perusahaan ini menciptakan metaverse virtual di Disneyland dengan karakter animasi dan atraksi taman hiburan seperti nyata.
Apa hasil dari eksperimen perusahaan legendaris ini? User experience yang tak terlupakan yang dapat menciptakan dunia digital dan membawa pengguna seakan hadir dalam set film.
Menciptakan realitas masa depan
Seakan ingin menonjolkan nama pada brand-nya, perusahaan teknologi Meta membuat prediksi mengenai penggunaan AR. Direktur Creative Shop di Meta, Eric Oldrin memperkirakan peningkatan pemakaian AR berbasis lokasi di masa depan.
Hal ini dapat ditemukan pada efek AR buatan Spark AR Studio oleh perusahaan The Mill yang dipakai pada lukisan-lukisan Tate Britain. Pengunjung dapat menyaksikan koleksi seni rupa Inggris secara lebih hidup. Mengenal cerita-cerita di balik karya yang ditampilkan pun terasa lebih spesial.
Hal tersebut menunjukkan peluang VR AR sebagai pondasi bisnis dari kecanggihan teknologi di masa yang akan datang. Baik virtual maupun augmented reality dapat digunakan untuk menghadirkan pengalaman sinematik yang lebih memukau.
Selain itu, kedua teknologi tersebut menawarkan perspektif baru yang belum bisa didapatkan sebelumnya. Bagaimana caranya?
Kamu bisa menciptakan rasa keterikatan emosional dan mendorong rasa empati dari konsumen melalui pengalaman virtual yang imersif dan menarik. Peluang VR AR dalam bisnis cukup besar untuk melibatkan konsumen, menghilangkan jarak dan menciptakan rasa kehadiran yang lebih inklusif.
Ternyata banyak kan, peluang penggunaan teknologi VR maupun AR? Melihat potensinya, teknologi baru ini cukup menjanjikan untuk dieksplorasi.
Lebih dari sekedar profit, penggunaan teknologi AR VR bisa memberikan pengalaman yang belum ada sebelumnya. Selain itu, faktor virality juga menjadi peluang yang layak dicoba. Tertarik menerapkan ini pada bisnismu?
smarteye.id siap membantumu! smarteye.id berpengalaman dalam menyediakan jasa augmented reality, virtual reality, hingga metaverse untuk bisnis, jadi tidak perlu ragu untuk berkonsultasi. Cek juga artikel mengenai teknologi terbaru lainnya di blog smarteye.id!