Visualisasi Produk Otomotif Dengan Virtual Showroom, Apa Keunggulannya?

Visualisasi Produk Otomotif Dengan Virtual Showroom, Apa Keunggulannya?
virtual showroom
Credits : freepik

Visualisasi produk dalam industri otomotif menjadi penting karena terbatasnya kapasitas showroom dan pameran. Hal tersebut membuat keberadaan virtual showroom semakin dibutuhkan.

Visualisasi realistis menjadi kunci untuk menawarkan informasi sedetail mungkin. Bagaimana teknologi Augmented Reality dapat membuat visualisasi produk yang lebih realistis?

Kelemahan Showroom Tradisional bagi Calon Pembeli

Biasanya seorang pembeli produk otomotif yang sudah memiliki pertimbangan pembelian akan datang ke showroom atau pameran. Hal ini dilakukan untuk melihat langsung bentuk kendaraan yang diinginkan. Padahal setiap retailer atau dealer otomotif sudah menyediakan beragam brosur dan katalog promosi berisi informasi dan gambar dari produk yang akan dijual. 

Tetapi mengandalkan brosur dan katalog promosi saja tidak cukup. Seringkali, gambar yang ditampilkan dalam brosur dan katalog tidak dapat menangkap detail setiap sudut dari sebuah kendaraan. Karena itu calon pembeli biasanya lebih memilih untuk memeriksa kendaraan secara langsung di showroom atau pameran otomotif. 

Showroom atau pameran juga memiliki kelemahan tersendiri. Biasanya sebuah showroom atau pameran hanya memajang sebagian kecil dari katalog produk yang dijual. Keterbatasan ruang dan besarnya ukuran produk otomotif menjadi alasan utama terbatasnya produk yang dipajang.

Selain itu, tidak semua orang memiliki waktu untuk mengunjungi showroom atau pameran otomotif. Pada akhirnya, calon pembeli akhirnya mengurungkan niat untuk melakukan pembelian karena tidak memiliki informasi yang cukup.

Hal ini menjadikan visualisasi produk di luar showroom menjadi penting untuk lebih meyakinkan pembeli yang ingin mengetahui detail kendaraan tanpa harus melihatnya secara langsung.

Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR), visualisasi produk yang lebih detail dibandingkan foto dapat dilakukan. Dengan AR showroom, retailer otomotif dapat menciptakan model 3D produk realistis seperti yang ada di showroom.

virtual showroom
Credits: Tech.co

Selain itu model yang sudah dibuat ini juga dapat bersifat interaktif dan dapat diproyeksikan di dunia nyata. Dengan memproyeksikan model kendaraan yang diinginkan, pembeli dapat melihat bagaimana produk otomotif dapat muat di dalam garasi mereka.

Bagaimana contoh visualisasi produk otomotif menggunakan AR yang sudah dilakukan? 

Melihat Katalog Mobil Diskon Di Garasi Anda  Dengan Toyota AR Camera Effect

virtual showroom
Credits: Vancouver is Awesome

Melihat kebiasaan pembeli di era internet yang mencari segala informasi produk secara online, Toyota Canada memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi berbasis augmented reality bernama Toyota AR Camera Effect.

Aplikasi ini dibuat sebagai bentuk visualisasi produk yang sedang diskon di hari diskon Kanada bertajuk Red Tag Days. Red Tag Days sendiri merupakan hari diskon yang diadakan khusus oleh Toyota Canada.

Dengan aplikasi ini, calon pembeli dapat melihat bagaimana sebuah model mobil Toyota bertengger di garasi rumah mereka. Tinggal arahkan kamera smartphone ke garasi calon pembeli, lalu pilih model dan varian mobil Toyota yang diinginkan.

Selain menampilkan model visual yang realistis, Toyota AR Camera Effect juga berisi berbagai informasi mengenai varian mobil yang akan dibeli sehingga semakin mempermudah calon pembeli dalam memilih model produk yang diinginkan. 

Brosur Digital Action dari Astra Indonesia 

virtual showroom
Credits: Tribun Jateng

Perkembangan teknologi yang semakin maju mendorong Astra Indonesia untuk mencoba meningkatkan pengalaman pengguna dengan mengadopsi teknologi AR.

Menggunakan teknologi ini, Astra menciptakan aplikasi katalog digital bertajuk Astra Motor Catalogue Interactive Motorcycle Experience (Action). Aplikasi ini dibuat oleh Astra untuk menggaet kaum milenial yang sudah tidak lagi menyukai promosi fisik dengan brosur. 

Action merupakan sebuah brosur digital berupa aplikasi smartphone yang berisi beragam informasi detail mengenai motor Honda dalam katalog Astra Motor. Selain itu, calon pembeli juga dapat menggunakan fitur AR untuk melihat model motor secara langsung di dunia nyata. 

Untuk semakin memudahkan pengguna, aplikasi ini juga menampilkan lokasi dealer dimana motor yang diinginkan dapat dibeli. 

Itulah contoh penggunaan teknologi augmented reality (AR) untuk visualisasi produk otomotif yang lebih realistis. Dengan kelebihan seperti itu, visualisasi produk berbasis AR dapat membantu calon pembeli untuk lebih percaya terhadap keputusan pembelian mereka.

Tak Cuma Toyota yang Punya Virtual Showroom

Selain brand Jepang ini, brand otomotif Jerman seperti Mercedes juga menerapkan Virtual Showroom. Showroom ini disematkan pada sebuah platform digital agar pelanggan memiliki pengalaman menarik saat memilih mobil impiannya secara online.

Selain memberikan pengalaman atraktif, virtual showroom Mercedes Benz juga dapat menghitung pembiayaan cicilan serta memberikan penawaran menarik bagi calon pembeli.

Kustomisasi Bagian Mobil secara Virtual

virtual showroom
Credits: Youtube

Brand otomotif premium Jerman, BMW juga baru meluncurkan virtual showroom serupa pada tahun 2021. Virtual showroom ini dibuat karena banyak showroom BMW yang tutup akibat pandemi, sehingga membuat konsumen tidak dapat mencoba mobil. Pengguna dapat mengaksesnya dengan mengunduh aplikasi BMW Virtual Viewer.

Virtual showroom milik BMW memiliki fitur yang serupa dengan Toyota AR Effect yaitu memproyeksikan mobil pada garasi rumah konsumen. Setelah diproyeksikan, konsumen dapat berinteraksi secara virtual dengan bagian-bagian mobil seperti membuka pintu, menyalakan lampu, atau membunyikan klakson. 

Menariknya, konsumen juga dapat menambahkan aksesoris mobil yang tersedia dan memodifikasi bagian mobil. Seperti mengganti velg, mengganti warna jok, menambahkan bodykit, dan aksesoris lainnya. Dengan berbagai fitur tersebut, konsumen dapat mencoba berbagai fitur dan menambahkan aksesoris pada mobil tanpa datang pada showroom fisik.

Buat Bisnis Semakin Atraktif dengan Teknologi VR dan AR!

Tertarik menggunakan AR untuk visualisasi produk Anda? Atau mungkin tertarik untuk menggunakan VR training sebagai sarana pelatihan karyawan yang lebih efektif? smarteye.id menawarkan konsultasi penggunaan teknologi AR gratis. Kami dapat membuat berbagai kustomisasi teknologi VR, AR ataupun MR (Mixed Reality) sesuai kebutuhan Anda.

Asri Amanta

Asri Amanta

I swear Shinji and Kaworu are meant to be for life. The one behind all of smarteye.id's digital and content marketing strategy.